DartaOutsourcing – Menjadi sales promotion girl (SPG) tak hanya butuh wajah cantik dan penampilan menarik, tetapi juga berbagai keahlian yang bisa membantu pekerjaannya. Banyak perusahaan menggunakan jasa SPG cantik untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa mereka.

Operational Manager PT Global Media Bersama, Edith Raynita, mengatakan, kemampuan yang harus dimiliki SPG, seperti menguasai product knowledge, kemampuan berkomunikasi (communication skill), dan sikap yang baik (good attitude). Dengan demikian SPG mampu mamasarkan produk atau jasa yang dijual ke pembeli.

“Kriteria seperti SPG cantik, kulit putih, tinggi badan, ataupun berpenampilan menarik tergantung dari perusahaan yang membutuhkan. Perusahaan tersebut juga biasanya akan memberikan product knowledge kepada para SPG. Setelah itu, SPG ditekankan untuk meningkatkan atau menggenjot penjualan,” kata Nita, sapaan akrab Edith Raynita.

Nita, sapaan akrab Edith Raynita, menjelaskan, perusahaan akan menyeleksi model mana yang cocok dengan produk yang dijual. Umumnya perusahaan akan mencari jasa SPG berkualitas, sehingga kehadiran SPG bisa merepresentasi merek dan melambangkan citra produk. “Yang pasti SPG dari GMB tak hanya mengandalkan kecantikan, namun memiliki berbagai keahlian yang sangat penting untuk menopang kinerja mereka,” terangnya.

Baca juga: Peran Outsourcing dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Personal selling

Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan sebagai pemilik merek untuk menggaet langsung
pembeli adalah dengan menggunakan personal selling. Personal selling yaitu interaksi tatap muka dengan satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan untuk membuat presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan.

Ada beberapa sasaran yang bisa dicapai melalui personal selling yakni pertama, bertujuan untuk konsumen membeli produk. Dengan adanya SPG, konsumen bisa lebih mendapatkan informasi dibandingkan iklan. Kedua, menggunakan jasa SPG cantik juga bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi langsung dari konsumen. Dan ketiga, adalah menciptakan image atau kesan yang positif terhadap konsumen.

SPG harus mencerminkan citra yang baik bagi merek yang dipasarkan. Dari penampilan, tutur kata hingga pelayanan yang diberikan, seharusnya diciptakan untuk bisa membangkitkan kesan yang positif bagi konsumen.

Tugas SPG

1. Membantu tim pemasaran (sales) untuk memasarkan produk sesuai dengan yang diinstruksikan perusahaan.
2. Membantu pengunjung dengan cara menjelaskan produk yang ditawarkan.
3. Memajang display produk.
4. Membuat laporan penjualan.

Baca juga: Terbukti! Layanan Outsourcing dari GMB Banjir Prestasi

Tips menjadi SPG yang sukses

Cara#1. Tampil beda
Berpenampilanlah yang berbeda dari para tenaga penjual lainnya untuk menarik pengunjung, seperti memakai kostum, berdandan cantik, dan lain lain. Kreasikan diri Anda agar terlihat menarik. Bukan saja penampilan yang harus berbeda, tapi juga cara menyapa Anda harus kreatif.

Cara#2. Hindari pemakaian brosur
Brosur salah satu hal penting dalam berjualan. Namun bila Anda dalam kondisi menjual di tempat yang ramai, dimana tenaga penjual kebanyakaan menggunakan trik ini untuk menarik perhatian pengunjung, pastikan jangan menggunakan atau menyodorkan brosur saat pertama kali Anda membangun percakapan dengan pelanggan Anda.

Mengapa? Karena, secara tidak disadari, alam bawah sadar mereka sudah menolak pemberian brosur tersebut dan hal ini akan membuat kita dipandang sama dengan tenaga penjual lainnya. Padahal mungkin produk kita lebih menarik. Selain itu, kemungkinan brosur itu dibuang oleh pengunjung amatlah besar.

Cara#3. Perhatikan artikulasi
Pastikan artikulasi kita jelas saat berbicara agar informasi dapat disampaikan dengan sempurna. Selain itu, usahakan selalu memanggil nama pengunjung kita karena suara terindah adalah saat seseorang memanggil nama kita.

Cara#4. Profesional
Cobalah menjadi profesional dalam bekerja dengan menjaga attitude Anda seperti tidak bermain ponsel, tidak duduk di stand, tidak merokok di stand, tidak mengobrol dengan tenaga penjual lainnya, dan lain-lain. Berikanlah attitude yang baik dan pancarkanlah aura positif Anda agar pengunjung senang berdekatan dengan kita. Karena cara kita bekerja atau melayani pelanggan akan berimbas dengan image perusahaan kita sendiri.

Kehadiran SPG sangat penting bagi perusahaan dalam memasarkan atau menjual produk/jasa di setiap pameran atau event. Dengan menggunakan jasa SPG cantik, maka dapat melakukan penjualan yang lebih personal kepada konsumen, sehingga konsumen mendapatkan informasi produk lebih lengkap. Dengan demikian SPG bisa meningkatkan penjualan sesuai yang diinginkan perusahaan.

Di sisi lain, SPG tidak salah untuk tampil cantik. Apalagi sebagai wanita tidak dilarang untuk tampil mempesona. Justru tampil cantik dan menarik itu sangat diperlukan, karena penampilan merupakan representasi awal seseorang. Dengan penampilan pertama yang mengesankan, seseorang memiliki peluang untuk melanjutkan ke langkah yang lebih tinggi. Tapi hanya dengan keahlian dan pengetahuan, karir seorang SPG bisa meroket.